Durian Merah Banyuwangi

durian merah banyuwangi

Durian Merah Banyuwangi Tidak hanya kaya dengan keindahan alam saja, negeri seribu pantai di timur Pulau Jawa ini juga menyimpan keanekaragaman hasil bumi, salah satu yang menarik adalah durian merah Banyuwangi. Keunikan durian merah, mendorong pemerintah daerah untuk melakukan berbagai usaha pengembangan komoditas hortikultura durian merah.

Tidak seperti durian pada umumnya, Durian Merah memiliki keunikan dan memiliki ciri khas tersendiri. Dua varietas durian merah, yaitu: Balqis dan SOJ (Sunrise of Java, yang memiliki daging buah berwarna orange), secara resmi telah diumumkan sebagai milik dan menjadi ciri khas bagi Banyuwangi oleh Kementerian Pertanian. Pengesahan dua varietas durian merah tersebut tertuang dalam SK Menteri Pertanian Nomor 143 tahun 2015.

Durian merah varietas SOJ kini menjadi idola.

karena warna dagingnya yang sangat terang dan mencolok. Ini jadi unggulan, dan bernilai ekonomis tinggi. Ketebalan daging SOJ mencapai 16,5 milimeter dengan perpaduan rasa manis dan pahit yang pas di lidah selain itu, aroma durian ini juga tidak tajam.

Durian merah telah lama menjadi daya tarik bagi wisata Banyuwangi. Ketenarannya telah banyak dikenal oleh wisatawan yang datang. Dibanderol dengan harga yang fantastis, Rp 250 ribu/ buah, durian jenis ini bahkan menjadi incaran banyak peneliti perkebunan dari berbagai negara untuk dikembangkan.

Anda ingin menikmati Durian Merah Banyuwangi? sekaligus melihat keindahaan obyek wisata Banyuwang? “Ayo ke Banyuwangi bersama kami, kenangannya nempel dihati”